Apa yang Dipelajari Dalam Manajemen Konflik & Krisis?

Mungkin bagi sebagian orang belum paham dengan salah satu mata kuliah ini, tetapi tidak untuk beberapa teman di beberapa jurusan. Salah satunnya teman-teman di jurusan Ilmu Komunikasi. Dalam mata kuliah satu ini mempelajari:

  •  Kondisi kritis yang tidak terduga-duga sehingga perlu persiapan-persiapan untuk menghadapi atau menanggulanginya,
  •  Saat sebuah perusahaan, lembaga, ataupun individu melalui situasi seperti ini maka hal yang akan terjadi hanya ada dua yaitu perusahaan, lembaga, individu tersebut hancur atau berubah jadi kondisinya tidak akan seperti semula.

Krisis adalah sesuat yang sangat hebat dan dahsyat, jika terjadi pada sebuah lembaga atau perusahaan maka pilihannya hanya dua yaitu hancur atau berubah. Jika kita menganalisis, mana yang terlebih dahulu terjadi? Konflik atau krisis? Maka dua hal ini dapat muncul dan timbul secara bersamaan, tetapi jika tidak bersamaan umumnya konfliklah yang lebih dahulu muncul.

Secara garis besar, krisis dibagi menjadi dua jenis yaitu

  •  Krisis internal. Krisis ini biasanya disebabkan karena elemen atau unsur yang ada di dalam organisasi atau lembaga itu sendiri. Contoh: krisis yang diakibatkan kemogokan karyawan, kekurangan financial. Krisis yang terjadi pada internal organisasi / lembaga ini pasti ada indikasinya. Contoh: karyawan mogul dikarenakan ingin minta kenaikan gaji.
  • Krisis eksternal. Krisis ini terjadi dari sesuatu yang tidak bisa dikuasai oleh organisasi/lemabag tersebut dan biasanya krisis eksternal ini lebih sulit dikelola dibandingkan krisis internal. Contoh: adanya kenaikan harga di pasar, Indonesia terkenal sebagai sarang terorisme sehingga banyak negara yang takut dan akhirnya ekspor ikan ke luar negeri tidak di terima di negara-negara lain.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: