Make a Decision (manajemen media massa)

Dalam sebuah manajemen, termasuk manajemen media massa pasti ada sebuah perencanaan. Ada dua hal yang sangat penting dalam manajemen, yaitu merencanakan dan memutuskan. Dua hal ini bagaikan sebuah mata uang yang terdiri dari dua sisi namun tidak bisa dipisahkan dan saling berhubungan. Terkadang dua hal ini pun berjalan beriringan, tidak tahu hal mana yang harus lebih dulu berjalan.

Tetapi sebenarnya, keputusanlah yang lebih dahulu berlangsung. Kita bisa merencanakan sebuah hal jika kita sudah memutuskan sesuatu. Dan dalam perencanaan, kita akan menetapkan sebuah tujuan. Selain itu, di perencanaan selalu ada masalah-masalah yang berkaitan dengan waktu, tempat, anggaran atau biaya dan impelemntasinya sepeti apa.

Sebuah tujuan sudah ditetapkan ketika dalam proses perencanaan, setelah itu maka munculllah goal atau target yaitu tujuan yang diberi tolak ukur atau kriteria. Untuk mencapai target ini kita peru strategi yang didalamnya ada rencana-rencana mulai dari merencanakan kapan waktunya, tempatnya, anggaran, dan lain-lain. Ada yang disebut rencana biasa dan juga rencana strategis. Rencana strategis lebih memiliki resiko yang tinggi karena jika rencana strategis ini diubah maka akan memakan biaya yang lebih besar. Contohnya saja rencana strategis yang dibuat pemerintah untuk mengurangi kemacetan seperti pembuatan MRT di Jakarta yang sudah dimulai. Jika pemerintah ngin mengubah rencana pembuatan MRT sementara tiang-tiang betonnya sudah mulai dibuat maka biaya untuk mengubahnya akan lebih besar.

Untuk mencapai target kita harus memulai melakukan pengoleksian data, analisis dan menjadi data yang dapat kita gunakan sebagai alternatif  dalam mencapai target. Setelah ada beberapa alternative kita dapatkan, maka harus dipilih yang terbaik dan memungkinkan bisa digunakan dan di implementasikan. Tidak berhenti sampai disitu, kita juga harus melakukan evaluasi-evaluasi dalam setiap tahap agar kita dapat menemukan masalah-masalah yang menghambat pencapaian target, dari masalah-masalah inilah kita menemukan alternative-alternatif baru lagi untuk mencapai target uatama kita. Proses ini saling berkaitan dan membentuk sebuah roda yang disebut dengan roda pengambilan keputusan.

capture

Selain itu, hal yang juga diperhatikan dalam pengambilan keputusan adalah sumber daya yang kita alokasikan, keterbatasan, resiko dan ketidakpastian. Resiko dan ketidakpastian adalah hal yang dapat mempengaruhi pengambilan keputusan jika resiko dan ketidakpastian rendah maka pengambilan keputusan akan lebih mudah, dan sebaliknya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: