Magang di NET TV Seru dan Asyik Gak?

Magang di NET TV seru gak? Buat yang udah pernah magang pasti udah tahu kan rasanya. Tenang-tenang, asyik banget kok. Menurut saya, magang di Net itu bener-bener sesuai ekspektasi deh, malah mungkin lebih. Yang pertama, magang di salah satu perusahaan televisi ternama dan baru memang keinginanku. Jadi, saat ditawari oleh salah satu dosen praktisi yang kebetulan ia bekerja di NET TV. Hufffttt, dengernya seneng banget dan tanpa mikir dua kali, “siap pak, mau magang di Net.”

Nah, karena saya emang mendapat rekomendasi dari dosen tersebut maka proses penerimaan dari HRD NET pun tanpa lewat tahap seleksi seperti wawancara gitu. Cuma mengirimkan data diri dan CV ke dosen kami lalu beliau yang akan mengirim dan merekomendasikan kita langsung ke HRD.

Saya anak komunikasi yang sebenarnya kecemplung soalnya jadi wartawanpun gak pingin. Buat menghindari itu akhirnya aku masuk di konsentrasi Digital Media bukan konsentrasi Broadcasting yang lari sana-sini buat ngerjain tugas liputan investigasi, xixixi. Nah, kebetulan lagi ni slot magang di NET yang terbuka ada di Divisi New Media.

Mungkin sebagian orang masih bingung seperti apa divisi New Media itu. Unit New Media adalah salah satu bidang / unit yang ada di bawah divisi programming dan produksi. Unit New Media ini merupakan sub divisi yang memiliki serangkaian aktivitas penyiaran tayangan dan semua aktivitas lainnya yang dilakukan di media baru yaitu internet. Sesuai dengan namanya yaitu New Media atau media baru, sub divisi ini memanfaatkan semua media yang ada di internet untuk melakukan aktivitas broadcasting atau penyebaran konten di internet, aktivitas digital marketing di media – media baru seperti sosial media, pembuatan konten untuk di publish ke platform yang sudah disediakan seperti website, aplikasi smartphone, Youtube, sosial media serta sub divisi yang melakukan campaign baik campaign program acara maupun sponsor di internet.

Nih, aku mau ngenalin sub divisi yang ada di divisi New Media beserta jobdesknya:

Jobdesk di Unit New Media

  • Deputy AVP New Media menjadi penanggung jawab di media digital yang berwenang mengarahkan, memonitor, dan mengatur semua hal yang berkaitan dengan divisi new media.
  • Section Head. Tugas atau job desk diantaranya: mengkoordinir pekerjaan staf di new media, mengarahkan staff di new media dalam pembuatan rencana mingguan / bulanan, mereview kinerja staff new media
  • Graphic Design. Jobdesknya: mendesain konten mulai dari menata, mengolah, merancang gambar atau tulisan yang akan dibutuhkan di divisi new media, seperti mendesain poster untuk promo program di sosial media.
  • Content Production. Jobdesknya: membuat atau memproduksi konten yang dibutuhkan di new media, seperti membuat vlog, kegiatan-kegiatan dan sebagainya
  • Social Media. Jobdesknya: mengatur, mengawasi, memanajemen akun media sosial Net TV (facebook, Twitter, Instagram, Youtube). Selain itu. Di posisi media sosial juga mereka berinteraksi langsung dengan khalayak (pengguna sosial media) seperti menjawab pertanyaan-pertanyaan dari khalayak melalui sosial media.
  • Channel Management. Jobdesk: mengedit, mengatur, memodifikasi, mengupload hingga memonetize konten ke dalam platform publisher seperti Youtube, Zulu.id dan Dailymotion
  • Digital marketing. Job desk: melakukan kegiatan pemasaran, seperti meningkatkan branding dari sebuah layanan produk atau jasa yang ingin dijual melalui online yakni melalui media sosial. Layanan produk / jasa ini dapat berupa produk / jasa yang dimiliki Net TV seperti program acara maupun dari pihak klien seperti sponsor, brand yang melakukan sebuah event di Net TV dan lain-lain.

Taraaaaa… dan saya mendapat kesempatan magang di Channel Management untuk program acara news yang tugas utamanya mengelola dan memaintenance konten -konten berita pada cannel Youtube news Net Mediatama yaitu “Official Net News”. Adapun tugas utama penulis di Channel Management untuk Channel Youtube “Official Net News”adalah mengolah kembali program yang telah disiarkan di televisi untuk kembali diunggah di media berbagai Youtube mulai dari memotong program acara yang sudah disiarkan dan sudah ter-record di komputer saat tayang di televisi, memberi judul, melakukan monitize di Youtube dan meng­uploadnya. File video yang sudah te-record dan masuk ke komputer adalah file record yang masih ada iklannya sehingga file tersebut harus di potong untuk dan dibuang iklannya. Pemotongan file video untuk news akan dipotong per topik atau judul berita.

Selain seneng dengan pekerjaannya yang gak nyemplung ke lapangan layaknya wartawan. Situasi dan budaya kerja di divisi saya magang itu enak banget, orangnya humble-humble. Mungkin karena rata-rata masih muda-muda jadi kita bisa mengimbangi pola pikirnya dan pembicaraannya pun cukup nyambung dengan kita.

Jadi pingin gabung jadi karyawan di NET TV deh, sepertinya seru.

Nih, dia aku kenbalin orang-orang di New Media di tahun aku magang yaitu tahun 2016, tepatnya Oktober-November.

1479792471964
Kalo Ini temen seperjuangan yang sama-sama magang di New Media
1479792614798
Ini dia orang-orang di divisi New Media

Yang minat magang di divisi New Media, coba apply deh. Kata dosenku yang dari NET ini “jodoh kita kerja di perusahaan apa itu gak ada yang tahu, cobain aja semua yang diinginkan.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: