Seni?

Seni berarti bentuk ekspresi yang dicurahkan dari dalam jiwa manusia, disampaikan dalam berbagai bentuk dan diterima oleh indra.

Jika saya menggambar, apakah masih layak gambar saya itu disebut seni?

Jawaban dari saya adalah YA IYALAH MASA YA IYA DONK !! gambar tersebut adalah seni bagi saya sendiri ! tapi mungkin tidak bagi orang lain. Dikarenakan seni yang saya buat tidak dinikmati oleh orang lain, melainkan bagi diri saya sendiri. seni tidak memiliki aturan tertentu, sang seniman menciptakan aturannya sendiri. Seorang seniman bebas mengemukakan apa saja, dan dengan cara apa saja, tanpa harus menjelaskan bagaimana dan mengapa ia membuat karyanya sedemikian rupa.

Berbeda dengan seni, Desain sebagai kata benda merujuk pada hasil akhir dari sebuah proses kreatif yang memperhatikan aspek fungsi dan estetika. Dalam prosesnya, guna mencapai objective-nya, desain menggunakan metode riset, diskusi, ataupun studi banding atas desain yang sudah ada sebelumnya. Dengan kata lain, desain tercipta melalui perencanaan yang rumit dan diimplementasikan dengan hati-hati agar apa yang menjadi tujuannya tercapai (client problem sets), desain memiliki tujuan di luar diri desainernya. Menurut Ary Dananjaya (pematung), seniman berkarya untuk dirinya sendiri (their own problem sets) dan memperbolehkan masyarakat ikut menikmati dan menghargainya, sementara desainer perlu ‘berbicara’ kepada masyarakatnya.

Seniman dan Desainer adalah dua profesi berbeda dalam bidang seni grafis sebagian orang menganggap kedua profesi itu sama namun pada kenyataannya tidak.

Seniman (artist) Berperan menganalisis, meneliti, dan memberikan input berupa pertimbangan, solusi, bagi para desainer dan teknisi, sesuai dengan bidang ilmu dan seni yang dikuasainya. Jadi artist who man to culture relation (hubungan antara manusia dengan kebudayaan). Contohnya seperti seni lukis, seni patung, seni tari, seni musik, teater, dan lain sebagainya. seniman adalah orang yang berkarya dengan kuasa penuh atas diri sendiri mengenai karya yang ia buat tanpa ada kendali dari siapapun. Seorang seniman bisa membuat karya sebebas mungkin dan menentukan segment pasar sendiri sesuai keinginan seniman tersebut.

Desainer adalah orang yang berkarya dengan segmentasi target dan tujuan tertentu yang diinginkan pasar, klien dan idealisme desainer itu sendiri. Seorang desainer tidak bisa sesuka hati membuat desain tanpa memperhatikan keinginan klien dan keinginan pasar.desainer memang dibayar oleh orang yang membutuhkan desain grafis namun bukan berartidesainer adalah tukang, seorang desainer akan memberikan konsultasi kepada klien mengenai kebutuhan desain yang diminta, masing-masing memiliki visi yang jelas baik dari klien maupun desainer sehingga penggabungan aspek seni dan permintaan pasar akan menghasilkan karya yang baik, klien memiliki ekspektasi dari kebutuhannya sedang desainer memiliki visi dan idealisme akan seni itu sendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: